Sunday, June 5, 2011

Tips Memilih Komputer : Antara Netbook, Notebook dan Desktop PC

http://andretobb.files.wordpress.com/2011/01/bluekeyboard.jpg

Teknologi komputer berkembang sangat pesat dalam beberapa dekad ini. Komputer kini dapat ditemui dalam berbagai bentuk, baik sebagai alat bantu kerja biasa mahupun chip yang ditanamkan dalam perangkat tertentu. Saat ini bukan hal yang aneh melihat orang kehulu-hilir membawa komputer, sesuatu yang tak terbayangkan saat komputer pertama kali diciptakan. Dan kita tahu sejarah perkembangan komputer maka kita akan mengenal komputer komersil yang pertama digunakan yang dinamakan UNIVAC, komputer ini berukuran beberapa puluh ton dan besarnya mencapai ukuran 1 rumah. Daya listrik yang digunakan bisa menghidupkan 1 blok rumah dan harus secara periodik dimatikan agar perangkatnya tidak leleh kerana suhu panas yang dihasilkan. Jika kita kembali ke tahun 50-an dan berkata bahawa komputer nantinya mudah dijinjing dan dapat dibawa pergi kemana-mana mungkin kita boleh dianggap gila ketika itu.

Kini berbagai pilihan bentuk dan jenis komputer tersedia, mulai dari harga yang mampu milik sehingga ke harga yang mahal. Banyaknya variasi ini pada suatu sisi menguntungkan kerana memberikan banyak pilihan namun disisi lain boleh membuat para pengguna akhir (end user) kebingungan menentukan jenis komputer yang paling tepat yang mahu digunakan.

Secara umum ada 3 jenis komputer untuk bekerja yang umum digunakan, iaitu Desktop PC, Notebook dan Netbook.

Desktop PC:

Sesuai namanya adalah perangkat komputer yang terdiri dari CPU (Central Processing Unit), monitor dan pheriperal lainnya. Desktop PC mudah dijumpai diberbagai pejabat, kampus, warnet maupun rumah. Meskipun monitornya berbentuk monitor CRT maupun LCD, desktop PC mudah dikenali karena CPU dan monitornya terpisah. Desktop PC biasa disebut sebagai PC biasa.



Notebook/Laptop:

Lebih dikenal sebagai laptop. Faedah utama dari Notebook adalah sifatnya yang mobile dan mudah dibawa. Sebagian Notebook juga memiliki kemampuan komputasi yang tinggi sehingga menjadi pengganti desktop PC yang boleh diandalkan. Sayangnya, harga Notebook relatif tinggi dan memiliki keterbatasan jumlah maksimal perangkat yang bisa ditambahkan. Sebagai contoh, desktop PC dapat memuat hingga 3 keping memori (RAM, Random Access Memory) namun sebagian besar laptop hanya menyediakan 1 atau paling banyak 2 buah slot untuk memori.


Netbook:

Merupakan generasi terbaru dari Notebook namun berukuran lebih kecil dan umumnya memiliki daya komputasi lebih rendah daripada Notebook. Jika layar LCD pada Notebook rata-rata berukuran antara 12″-14″, layar Netbook umumnya berukuran 8″-10″. Netbook lebih ringan dan dan mudah dibawa karena bentuknya kecil dan tipis. Harga Netbook lebih murah dari Notebook karena spesifikasi Netbook lebih rendah. Selain spesifikasi yang lebih rendah, harga Netbook lebih rendah karena tidak menyertakan beberapa pheriperal yang umumnya disertakan pada Notebook, misalnya optical drive (CD/DVD ROM/RW).



Berikut adalah beberapa pertimbangan memilih jenis komputer yang paling tepat untuk keperluan anda :

Mobiliti:

Jika anda lebih banyak menggunakan komputer secara mobile, pilih Notebook atau Netbook. Desktop PC bisa dipilih jika komputer lebih banyak digunakan dimeja kerja yang tidak/jarang berpindah-pindah

Harga:

Jika anda concern pada harga, pilih Desktop PC atau Netbook. Untuk harga yang sama, spesifikasi desktop PC jauh lebih tinggi dibandingkan Notebook atau Netbook. Desktop PC juga memiliki keunggulan dalam hal penambahan komponen baru atau penggantian komponen tertentu

Fungsi yang pelbagai:

Jika anda menggunakan komputer hanya untuk browsing, chatting, menulis dan bekerja dengan aplikasi pjabat (pengolah kata, spreadsheet dan presentation), pilihlah Netbook. Netbook juga boleh dipilih jika anda berniat membekali anak anda dengan komputer yang ringan baik dari sisi berat, harga maupun aplikasi yang digunakan. Netbook sesuai digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang memerlukan komputer. Namun jika anda pengguna aplikasi kelas berat semacam edit gambar, multimedia atau programming, gunakan Desktop PC atau Notebook. Jangan memilih Netbook karena spesifikasi Netbook diperuntukkan untuk aplikasi ringan seperti pengolah kata, browser dan messenger

Dalam bahasa marketing, Notebook dan Desktop PC diperuntukkan bagi content maker (pencipta aplikasi) sedangkan Netbook diperuntukkan bagi content user (pengguna aplikasi), meski demikian hal ini tidak sepenuhnya tepat karena para pengguna games tentu lebih memilih Notebook atau Desktop PC dibandingkan Netbook

Penempatan:

Netbook atau Notebook cocok digunakan untuk tempat yang ringkas dan digunakan hanya pada waktu tertentu sedangkan Desktop PC lebih tepat digunakan untuk workstation yang sifatnya menetap. Karena ukurannya yang compact, Notebook dan Netbook membuat meja kerja tampak lebih rapi

Upgrading & Kelengkapan:

Desktop PC relatif lebih mudah diupgrade dan ditingkatkan kemampuannya dibandingkan Netbook maupun Notebook. Karena ukurannya yang kecil dan compact, penggantian komponen tertentu pada Notebook maupun Netbook memerlukan pheriperal khusus dan terbatas pada beberapa komponen tambahan saja

Lantas, apa sebenarnya yang perlu diperhatikan jika memilih komputer? Agar tidak bingung, berikut adalah checklist yang boleh menjadi rujukan kita semua jika hendak memilih komputer :

Processor:

Processor ibarat otak komputer. Processor menjadi komponen utama yang menentukan kecepatan komputer. Desktop PC dan Notebook umumnya memiliki jenis processor Intel Pentium sedangkan Netbook menggunakan processor Atom. Processor Atom menggunakan sedikit daya listrik namun daya komputasinya lebih rendah daripada processor Pentium. Selain Intel Pentium tersedia juga processor Intel Celeron, AMD Athlon, AMD Sempron dan AMD Duron. Intel Celeron adalah generasi processor Intel dengan harga dan kecepatan lebih rendah daripada Pentium. Processor Athlon merupakan processor buatan AMD yang sepadan dengan Pentium sedangkan Sempron dan Duron sepadan dengan Celeron. Kecepatan processor diukur dalam Ghz, semakin tinggi semakin cepat.

RAM (Random Access Memory)/Memori:

RAM merupakan komponen penunjang kecepatan komputer. Processor tinggi namun RAM rendah akan tetap menghasilkan komputer yang lambat. RAM diukur dalam satuan MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Untuk komputer generasi saat ini, RAM minimal 1 GB merupakan satu keharusan karena beberapa sistem operasi modern mempersyaratkan demikian.

Harddisk:
Harddisk digunakan untuk penyimpanan data. Diukur dalam satuan GB (Giga Byte), beberapa tipe harddisk mencapai ukuran 1 TB (1 Tera Byte = 1024 GB). Selain ukuran besar, perhatikan ukuran kecepatan harddisk, yang diukur dalam satuan RPM. Semakin tinggi RPM semakin cepat harddisk yang digunakan. Harddisk terdiri dari beberapa tipe, antara lain IDE, SATA dan SCSI. Harddisk SCSI lebih cepat dan umum digunakan untuk server, namun harganya lebih tinggi daripada harddisk SATA maupun IDE. Jika memilih Notebook atau Netbook, pilih tipe yang memiliki harddisk besar karena harddisk untuk Netbook atau Notebook berukuran istimewa (kecil dan tipis) dan tidak mudah diganti seperti halnya Desktop PC.

Pheriperal:

Pilihlah jenis komputer yang memiliki pheriperal tambahan yang banyak. Wireless LAN/WLAN merupakan komponen wajib selain konektor RJ-45 untuk network via kabel. Tambahan optical drive seperti CD/DVD ROM dan CD/DVD RW juga boleh menjadi pilihan menarik. Pilih juga jenis komputer dengan komponen tambahan seperti slot untuk USB, Memory Card Reader, Bluetooth dan lain-lain.

Daya Bateri:
Hal ini harus diperhatikan jika memilih Notebook/Netbook. Akan sangat menjengkelkan jika kita sedang bekerja secara mobile namun terhenti karena batterainya cepat habis.

Teknologi:
Teknologi komputer cepat usang. Lebih baik memilih spesifikasi yang lebih tinggi dari keperluan dibandingkan berjimat beberapa ringgit namun kemampuannya tertinggal hanya dalam hitungan beberapa bulan saja

Sistem:

Ada beberapa jenis komputer yang dioptimasi hanya untuk sistem operasi tertentu. Sebahagian besar komputer yang dijual malah tidak menyertakan sistem. Tanyakan pada penjual sistem operasi apa saja yang didukung dan kemungkinan menggunakan sistem dengan jenis dan versi yang berlainan.

Sumber:http://jealilik.wordpress.com/tips-tips/tips-memilih-komputer-antara-netbook-notebook-dan-desktop-pc/

N'N:Selesa menggunakan laptop.

No comments: