Wednesday, May 25, 2011

Peringatan:Tanda-Tanda Awal Akan Munculnya Tsunami.

http://3.bp.blogspot.com/-XCoCVXg_Qlc/TXrqk6hjQqI/AAAAAAAAANo/dukUsEv7dkw/s1600/tsunami-wave.jpg

Bencana tsunami biasanya akan mengorbankan banyak nyawa, sehingga perlu ada peringatan awal untuk masyarakat. Meskipun adanya teknologi yang sudah boleh menjangkakan beberapa bencana yang akan berlaku tapi tidak ada salahnya jika kita mengenali tanda-tanda awal sebelum bencana berlaku terutamanya tsunami, agar kita boleh berjaga-jaga.

Tsunami adalah serangkaian gelombang yang disebabkan oleh tanah longsor atau gempa bumi besar, baik yang terjadi di darat maupun di laut. Gelombang tsunami dapat terjadi diantara 5 minit hingga 1 jam setelah longsor atau gempa bumi.

Berikut beberapa tanda-tanda awal datangnya bencana tsunami, seperti diambil daripada laman Ehow dan detikcom, yaitu:

1. Bermula dengan adanya gempa bumi
Bila Anda tinggal di dekat pantai, sebaiknya berhati-hati bila terjadi gempa bumi. Tsunami biasanya terjadi karena adanya gempa bumi yang terjadi di bawah atau di dekat laut. Tidak hanya gempa yang terjadi di daerah Anda, tetapi juga di seluruh dunia. Gempa ribuan kilometer jauhnya dapat menyebabkan potensi tsunami yang mematikan di daerah Anda.

2. Dengarkan suara-suara gemuruh
Banyak mangsa tsunami telah mengatakan bahwa datangnya gelombang tsunami akan bermula dengan suara gemuruh yang keras mirip dengan kereta api .

3. Perhatikan penurunan air laut
Jika ada penurunan air laut yang cepat dan bukan merupakan waktu air laut surut, maka segeralah mencari tempat perlindungan yang tinggi. Sebelum terjadi gelombang tsunami, air laut akan terlebih dahulu surut dengan cepat dan kemudian kembali dengan kekuatan yang sangat besar.

4. Selalu waspada pada gelombang pertama
Gelombang tsunami pertama tidak selalu yang paling berbahaya, sehingga tetap mendekatkan diri dari garis pantai sampai keadaaan benar-benar aman. Jangan menyangka bahwa kerana tsunami kecil di satu tempat maka akan kecil juga pada daerah yang lain. Ukuran gelombang tsunami bervariasi dan tidak sama di semua lokasi. Gelombang tsunami juga boleh melakukan perjalanan melalui sungai-sungai yang terhubung ke laut.

Selain tanda-tanda tersebut, keadaan sekeliling juga boleh memberi tanda sebelum terjadinya bencana, seperti gerakan angin yang tidak biasa, tekanan udara atau cuaca yang ekstrem dan perilaku haiwan yang berubah.

Para ilmuwan berteori bahawa haiwan mampu menangkap getaran-getaran atau perubahan tekanan udara di sekitar mereka yang tidak dapat dilakukan manusia.

“Saya tidak berfikir bahawa ini adalah indera keenam, setidaknya tidak ada yang dapat kita ukur pada saat ini,” kata Diana Reiss, Ph.D., direktor penelitian mamalia laut di Wildlife Conservation Society, berbasis di Bronx Zoo di New York City, seperti dilansir Foxnews.

Beberapa kelawar, yang aktif di malam hari dan biasanya tidur di siang hari, menjadi sangat aktif setengah jam sebelum gelombang tsunami datang.

Di Sri Lanka dan Thailand ada sebuah cerita tentang gajah-gajah berlari ke bukit satu jam sebelum tsunami tahun 2004 yang menghancurkan desa dan membunuh hingga 150.000 orang di kedua negara itu.


No comments: