Tuesday, November 24, 2009

Wikipedia Tempat Propaganda Terbaru Israel

Kelompok propaganda Zionis, CAMERA merekrut sejumlah sukarelawan yang akan ditugaskan untuk mengubah atau memutarbalikkan informasi-informasi di internet yang dianggap merugikan kepentingan Israel. Dan salah satu sasaran dari kelompok itu adalah laman Wikipedia, sebuah ensiklopedia online yang memberi kebebasan bagi siapa saja untuk memasukkan data atau input maklumat ke laman tersebut.

"Idea dari Wikipedia adalah, semakin banyak sukarelawan yang berkolaborasi memasukkan data dan informasi ke laman itu maka informasinya makin tepat, selalu up-to-date dan inklusif dibandingkan ensiklopedia yang dibuat dalam bentuk buku," demikian pernyataan CAMERA.

CAMERA menyebut kelompoknya sebagai sebuah komite di Amerika yang menjadi akurasi laporan-laporan tentang Timur Tengah. Basis kelompok ini berada di Amerika Utara dan sudah memiliki pasukan yang beranggotakan puluhan Yahudi yang dibayar untuk melakukan propaganda Israel. Mereka biasanya mengubah isi atau data berbagai informasi biasanya yang terkait dengan tindakan apartheid rejim Zionis Israel terhadap warga Palestin, tentang Zionisme dan ideologi-ideologi Israel yang diidentikan dengan ideologi Nazi, teror-teror dan kekejaman yang dilakukan Israel di Palestin dan isu-isu yang terkait dengan konflik Israel-Palestina.

Dan baru-baru ini, CAMERA menyebarkan surat edaran yang isinya mengajak siapa saja yang berpotensi untuk menjadi juru propaganda Zionis untuk membantu Israel menginput data dan informasi yang pro-Israel. Dalam surat edaran tersebut tertulis,"CAMERA mencari 10 sukarelawan untuk membantu kami menjaga entri yang terkait dengan Israel di Wikipedia agar tidak 'tercemar' oleh mereka yang anti-Israel dan akan mengedit entri-entri itu. Mereka yang b menjadi sukarelawan mesti mengetahui ilmu komputer."

Disebutkan dalam surat edaran itu, bagi mereka yang berminat menjadi sukarelawan boleh telefon atau kirim email ke CAMERA dan nanti akan dilatih bagaimana caranya menjadi editor sukarelawan untuk mempropagandakan Israel di Wikipedia.

Selama ini CAMERA aktif melakukan propaganda untuk membiaskan informasi-informasi tentang kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan terhadap warga awam Palestin, terutama di Jalur Gaza. Dalam propagandanya, CAMERA mendakwa mengutip pernyataan dari jubir militer Israel dan berusaha mengemukakan argumen bahawa Israel tidak dengan sengaja melakukan pembantaian terhadap warga tak berdosa Palestin dan tindakan itu dilakukan justeru untuk meminimalkan korban awam. Sebuah argumen yang menyesatkan bagi mereka yang tidak begitu memahami konflik Israel-Palestin.

Orang-orang yang terlibat dalam CAMERA bukan orang sembarangan. Banyak diantaranya para mantan agen intelejen dalam negeri Israel, Shin Beth. Belakangan ini, CAMERA sibuk membuat propaganda untuk melawan laporan Richard Goldstone tentang jenayah perang Israel di Gaza dengan menyebut laporan itu "tidak akurat." (Sumber)

2 comments:

Miawruu said...

wah beneran itu? Mia sering cari2 informasi di wikipedia loh T_T

Na'im Nikmat said...

Harus diselidiki dahulu informasinya..