Saturday, June 4, 2011

Awas! Serangan VIRUS Dari Facebook!

SAN FRANCISCO (Arrahmah.com) – Serangan virus di Facebook kembali terjadi pada akhir-akhir ini. Sebuah serangan di laman web tersebut menjalar dalam tiga minggu terakhir.

Serangan tersebut mencuba mencuri login para pengguna, mengambil alih Facebook, menginstall malware di komputer Anda, dan bahkan mendapatkan alamat rumah dan identiti penting yang ada dipunyai oleh pengguna laman web.

Serangan ini ditandai dengan video “Distracting Beach Babes” yang tertulis di dinding Facebook pengguna, dengan tulisan:

“This is hilarious! lol :P :P :P Distracting Beach Babes [HQ] Length: 5:32?”

Serangan yang menyebar melalui video dengan subjek “hilarious video” ini diposting melalui dinding Facebook.

Dalam berita Websense, selasa (31/5/2011), saat mangsa terperangkap dan mencuba untuk mengklik, maka ada semacam permintaan yang meminta Anda untuk login ke Facebook.

Serangan itu kemudian mengembalikan Anda ke Facebook, menginstal sebuah aplikasi yang disebut “Media Player HD”, dan meminta Anda untuk men-download player “FLV”. Padahal di saat itulah komputer menginstal malware di komputer Anda.

Untuk menghindari terperangkap, cukup menghapus video tersebut jika Anda menemukan di dinding Facebook Anda. Jika Anda melihatnya di tempat lain di Facebook, jangan diklik, dan tentu saja ingat aturan jelasnya: Jangan masukkan login Facebook selain Facebook.com.

Pengguna Facebook yang memiliki status video tersebut di dinding mereka, disarankan untuk menghapusnya agar malware ini tidak menyebar. Jika perlu, silakan ganti password Facebook untuk berjaga-jaga.

Jika sudah ‘kadung’ terperangkap serangan itu, segera ubah kata laluan Facebook, uninstall app Facebook (sering disebut “Media Player HD”), dan menjalankan scan virus atau malware pada komputer anda. (sm/rasularasy/arrahmah.com)

No comments: